Penyebab Perselisihan dan Perbedaan data pada Pengukuran Topografi

jasa pemetaan Tanah laut dan udara

Perselisihan Pengukuran Topografi – Sebelumnya kita juga menyediakan Jasa Pembuatan Kartografi. Perselisihan dan Perbedaan dalam penyajian data dalam pemetaan topografi maupun batimetri dapat disebabkan dari berbagai faktor diantaranya adalah :

  1. Faktor perbedaan Referensi Koordinat awal serta penentuan Datum elevasi.
  2. Perbedaan Metode Pengambilan Data sehingga hasil hitungan masing-masing orang surveyor dari masing-masing konsultan pun juga dapat berbeda-beda.
  3. Perbedaan Instrumen Alat Ukur yang di gunakan berbeda hasilnya pun juga akan berbeda, misal alat ukur dengan ketelitian cm tidak dapat di sejajarkan dengan alat ukur yang memiliki akurasi dm.
  4. Tidak adanya kalibrasi atau re-check alat ukur sebelum dilakukan pengukuran, kalibrasi alat dapat ditunjukan dari bukti kalibrasi serta bukti hasil cek dilapangan untuk pengukuran jarak dekat yang dibandingkan dengan penarikan pita meter (roll meter manual).
  5. Perbedaan Ketelitian Hitungan si surveyor, termasuk ketelitian pembacaan untuk alat ukur yang masih membutuhkan pembacaan manual dari operator (Human Error).

Pada saat melakukan pengukuran dan pemetaan untuk lokasi high risk yang memerlukan ketelitian tinggi serta cakupan area yang luas seperti halnya pengukuran wilayah bendungan, bangunan kilang minyak / gas, bandara udara, disitulah maka dibutuhkanlah metode yang dapat mempercepat penyelesaian pengukuran dan dapat menggunakan detil akurasi serta ketelitian yang tinggi.
Untuk Itu point point diatas menjelaskan terkait Pentingnya kita dapal melakukan pengukuran akurat dan teliti agar tidak ada selisih maupun perbedaan hasil yang disajikan, sehingga tidak sampai menimbulkan kerugian.

Kami Tim Global Eksplorasi Indonesia menerapkan teknologi terbaru dalam melakukan pengukuran pemetaan sehingga dapat memperoleh hasil dengan cepat dan akurat. Teknologi yang kami gunakan adalah diantaranya ;

  1. Terrestrial Laser Scanner
  2. Drone (UAV)
  3. Remote Boat untuk keperluan Batimetri
    Selain jasa pengukuran dan pemetaan tim kami juga memberikan jasa pelatihan dan penjualan wahana survei dan pemetaan diantaranya UAV, Drone maupun kapal khusus survei batimetri dengan harga dan kualitas yang bersaing.
Penyebab Perselisihan dan Perbedaan data pada Pengukuran Topografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *