Pentinya Jasa Pengukuran Tanah

Pentinya Jasa Pengukuran Tanah – Sebagian besar dari kita pasti sering mendengar istilah ilmu ukur tanah, namun belum banyak dari kita yang mengetahui apa sebenarnya ilmu ukur tanah tersebut, untuk apa ada ilmu ukur tanah, kenapa tanah diukur, apa penting dan gunanya ilmu ukur tanah, dan mungkin masih banyak pertanyaan lainnya. Untuk memahami apa itu ilmu ukur tanah mari simak penjelasan berikut ini.

Pentinya Jasa Pengukuran Tanah, pengukuran tanah, pengukuran laut, pengukuran udara, pengukuran batymetri,  a.    Survei topografi (topographic surveying)
 b.    Survei kadaster (cadastral surveying)
 c.    Survei rekayasa (engineering surveying)
 d.    Survei tambang (mine surveying)
Hasil pengukuran tanah menggunakan drone yang terlihat langsung realtime dengan tingkat akurasi cm.


Ilmu ukur tanah merupakan salah satu cabang ilmu geodesi yang mempelajari metode pengukuran di permukaan bumi baik di darat ataupun di dasar perairan untuk berbagai keperluan seperti pemetaan dan penentuan posisi pada daerah tertentu. Geodesi berasal dari bahasa Yunani, geo yaitu bumi dan daisia yaitu membagi, sehingga geodesi berarti membagi bumi. Menurut International Association Of Geodesy (IAG), geodesi adalah ilmu yang mempelajari pengukuran dan perepresentasian permukaan bumi dan benda – benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing – masing, dalam ruang tiga dimesi yang berubah dengan waktu.


nah kenapa Pentinya Jasa Pengukuran Tanah?, karena Pengukuran permukaan bumi memiliki tujuan, cakupan, lingkup dan wahana yang berbeda – beda dalam penyajiannya, oleh karena itu pengukuran atau surveying dibagi menjadi beberapa bidang yaitu :

Pentinya Jasa Pengukuran Tanah

  1. Survei geodesi (geodetic surveying)
  2. Survei permukaan tanah datar (plane surveying)
    a. Survei topografi (topographic surveying)
    b. Survei kadaster (cadastral surveying)
    c. Survei rekayasa (engineering surveying)
    d. Survei tambang (mine surveying)
  3. Survei hidrografi (topographic surveying)
  4. Survei fotogrametri (photographic surveying)
  5. Survei radargrametri (radargrammetric surveying)
    Setiap bidang memiliki tujuan pengukurannya masing – masing, misalnya survei geodesi bertujuan menentukan bentuk dan ukuran bumi, survei topografi memetakan permukaan bumi baik fisik maupun hasil budaya manusia, survei hidrografi menentukan kedalaman suatu perairan, survei kadaster menentukan batas batas kepemilikan tanah, survei fotogrametri memetakan suatu daerah dengan foto udara, dan lain sebagainya.
    Ilmu ukur tanah jelas sangat diperlukan dalam kehidupan terutama di era modern seperti sekarang yang sangat pesat pertumbuhan pembangunannya. Berbagai macam pekerjaan tak bisa lepas dari peran ilmu ukur tanah, hasil dari ilmu ukur tanah digunakan dalam berbagai pekerjaan, antara lain :
  6. Memetakan bumi baik daratan maupun perairan.
  7. Menentukan batas – batas kepemilikan tanah baik perorangan atau perusahaan.
  8. Pembuatan peta tata guna lahan untuk pengelolaan lingkungan hidup.
  9. Pembuatan peta dasar yang digunakan oleh engineer untuk pembuatan jalan, jembatan, bangunan, dan lain – lain.
  10. Menentukan lokasi yang tepat untuk jalur evakusi bencana.
  11. Pembuatan peta navigasi darat, laut, dan udara.
  12. Perhitungan volume hasil tambang.
  13. Dan lain sebaginya.
    Demikian penjelasan singkat mengenai ilmu ukur tanah, ilmu yang bukan sekedar mengukur tanah, ilmu yang perannya diperlukan untuk bidang ilmu lainnya. Untuk lebih memahami mengenai ilmu ukur tanah, geodesi, pengukuran, dan pemetaan, silahkan simak artikel – artikel selanjutnya…

selain Pengukuran bumi ada pula pengukuran kedalaman perairan menggunakan Kapal Autonomous yang telah di kembangakan oleh mahasiswa ITS yang merupakan team dari PT. Global Eksplorasi Indonesia

Bagi yang berminat dengan PT. Global eksplorasi Indonesia untuk tujuan pemetaan dan pengukuran tanah dapat menguhungi kami di :

Alamat : Villa Kalikepiting 125 B, RW.3, Pacar Kembang, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60132  (Co Working Space with @CampusPedia)
WA : 62823-3330-5403 (Risky)         
WA : 6289-6856-17675 (Ilham)
Instagram : @globaleksplorasi.id
website : Globaleksplorasi.com

Pentinya Jasa Pengukuran Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *