Pemetaan Topografi Melalui Udara Dengan Drone

Pemetaan udara, pemetaan menggunakan drone, jasa pemetaan uav, pemetaan drone
Pemetaan menggunakan drone

Pemetaan topografi merupakan pemetaan permukaan bumi yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran permukaan bumi secara detail. Pemetaan topografi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak. Kamera dapat diletakkan pada drone untuk digunakan sesuai kebutuhan. Untuk keperluan pemetaan biasanya digunakan kamera metrik.

Pemetaan topografi menggunakan drone akan menghasilkan output berupa foto yang diambil dari udara. Foto ini diambil pada ketinggian 100 – 500 meter sehingga dapat menghasilkan peta resolusi tinggi. Foto yang dihasilkan dapat diolah menjadi peta orthophoto mosaic, peta garis / peta topografi yang detail, dan peta Digital Elevation Model (DEM).

Keuntungan saat melakukan pemetaan menggunakan drone adalah cepat, ekonomis, akurat, serta bebas awan. Proses pengambilan data di lapangan dengan luas sekitar 1500 ha hanya membutuhkan waktu 1-2 hari. Pemrosesan datanya juga cepat sekitar 1-3 hari jika didukung peralatan yang memadai. Pemetaan menggunakan drone juga menghemat biaya karena mengurangi jumlah personil di lapangan dan waktu kerja. Drone yang terbang dibawah lapisan atmosfer membuat foto yang dihasilkan bebas awan. Peta yang dihasilkan juga memiliki akurasi yang tinggi karena drone yang dipakai terbang rendah. Untuk mempertinggi akurasi, dapat dilakukan peletakan Ground Control Point (GCP) dengan bantuan surveyor darat, sehingga hasil akhir dapat dipertanggungjawabkan.

Pengolahan data yang diambil dengan drone dimulai dengan seleksi foto yang akan digunnakan. Foto yang blur akan dibuang. Kemudian dari foto yang dipilih akan dilakukan mosaicking foto. Setelah mosaicking selesai akan dilakukan georeferencing dengan titik GCP yang telah diukur di lapangan. Georeferencing ini dilakukan untuk membuat foto memiliki lokasi seperti lokasi sebenarnya dilapangan. Foto yang sudah tergeoreferencing akan pembentukan dense point cloud, mesh, serta pemberian texture. Hasil akhir berupa orthophoto.

Kami menawarkan bisnis to bisnis (B2B) apabila ingin menggunakan jasa kami silahkan hubungi kami (WhatsApp 6282333305403 a.n Rizky Priambodo) . agar Tim Global Eksplorasi Indonesia dapat memberikan proposal penawaran kepada stakeholder yang bersangkutan sesuai kebutuhan.

Tim Global Eksplorasi Indonesia telah sembilan tahun bekerja sebagai konsultan pemetaan. Banyak proyek pemetaan udara menggunakan drone yang telah dilakukan tim kami. Mulai dari perusahaan swasta hingga pemerintah telah memakai jasa kami. Kami memiliki tim yang ahli dan berasal dari alumni Teknik Geomatika kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Tim kami juga memiliki peralatan yang canggih untuk menghasilkan data yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pemetaan Topografi Melalui Udara Dengan Drone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *