Mengenal Jasa Survey dan Pemetaan

Jasa survey dan pemetaan. Mungkin pekerjaan ini masih tidak kita ketahui. Lalu apakah itu jasa survey dan pemetaan? Apakah pekerjaan tersebut dibutuhkan? Seberapa pentingkah pekerjaan tersebut? Berikut adalah ulasan dari Tim Global Eksplorasi Indonesia terkait jasa survey dan pemetaan.

Survey dan pemetaan. Berdasarkan namanya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertugas untuk melakukan survey. Sama seperti pekerjaan survey biasanya. Namun bedanya pada pekerjaan ini, yang disurvey adalah suatu permukaan bumi baik di darat maupun laut. Petugas survey biasanya disebut surveyor. Seorang surveyor melakukan survey suatu permukaan bumi dengan cara mengukur dimensi permukaan bumi tersebut. Mulai dari keliling, luas, beda tinggi, hingga volume. Itulah yang disebut pemetaan. Pemetaan permukaan bumi memang bertujuan untuk mengetahui kondisi di atas permukaan bumi, baik ukurannya, objek-objeknya, maupun kondisinya. Surveyor melakukan pemetaan permukaan bumi dengan menggunakan alat-alat tertentu seperti theodolite dan total station yang digunakan untuk mengukur sudut dan jarak, waterpass yang digunakan untuk mengukur beda tinggi, GPS untuk mengukur koordinat, dan lain sebagainya. Pemetaan ini merupakan langkah awal dari setiap pekerjaan infrastuktur karena kegiatan survey dan pemetaan ini berfungsi untuk mengetahui kondisi awal dari lokasi pembangunan.

Pekerjaan survey dan pemetaan ini tentu sangat dibutuhkan mengingat setiap tahun kebutuhan infrastruktur semakin meningkat. Selain membantu dalam pembangunan infrastruktur, kegiatan survey dan pemetaan juga digunakan dalam monitoring infrastruktur. contohnya adalah identifikasi kemiringan gedung, mengukur deformasi suatu jembatan dengan pengukuran secara time series, mendeteksi kebocoran bendungan, dan banyak lagi. Survey dan pemetaan juga membantu pemerintah dalam mengidentifikasi daerah rawan bencana. Surveyor akan menggabungkan informasi dan faktor-faktor yang dapat mengakibatkan suatu bencana kemudian menghitung pembobotannya sehingga akan diketahui daerah yang rawan bencana maupun yang tidak. Selain identifikasi daerah rawan, surveyor juga mampu melakukan skenario mitigasi bencana. Sudah terlihat kan bahwa pekerjaan survey dan pemetaan ini sangat dibutuhkan dan ternyata juga sangat penting untuk diakomodasi jasanya.

Tim Global Eksplorasi Indonesia telah bergerak di bidang pelayanan jasa survey dan pemetaan selama 9 tahun. Proyek-proyek yang telah kami lakukan dapat dilihat di portfolio. Kami merupakan perkumpulan dari alumni kampus ITS Surabaya sehingga kami memiliki orang-orang yang ahli dibidangnya. Selain itu kami juga menggunakan peralatan yang memadai sehingga hasil survey dan pemetaan dapat dipertanggungjawabkan.

Mengenal Jasa Survey dan Pemetaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *