Masihkah Kalimantan Selatan Memerlukan Konsultan Pemetaan?

Kalimantan Selatan merupakan provinsi di Indonesia yang berada di selatan pulau Kalimantan. Kalimantan Selatan memiliki batas sebelah barat dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah timur dengan Selat Makassar, sebelah selatan dengan Laut Jawa, dan sebelah utara dengan Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Selatan merupakan daerah yang terkenal kaya akan sumber daya alam berupa bahan tambang. Bahan galian tambang yang ditemukan di wilayah Kalimantan Selatan terdiri atas bahan galian energi, logam, maupun industri. Bahan galian seperti batubara dan bijih besi merupakan komoditi unggulan yang menjadikan sektor pertambangan menjadi salah satu sektor dalam menopang perekonomian Kalimantan Selatan. Selain batubara dan bijih besi, Kalimantan Selatan juga dikenal sebagai produsen intan terbesar di Indonesia. Pertambangan intan dapat dijumpai di Kota Martapura, Kabupaten Banjar. Dalam setiap kegiatan pertambangan, perlu adanya pematokan batas-batas wilayah pertambangan. Selain itu juga perlu dilakukan pemetaan lokasi wilayah yang akan ditambang, perhitungan luas cadangan bahan galian yang akan ditambang, pembuatan jalan tambang, pembuatan peta kemajuan penambangan, dan pekerjaan lainnya dapat dilaksanakan melalui pengukuran-pengukuran/survei yang menggunakan peralatan survei tambang. Kegiatan ini tak lepas dari peran konsultan pemetaan. Konsultan pemetaan mampu memetakan lokasi tambang dengan berbagai metode seperti terestris maupun fotogrametri, tergantung oleh permintaan klien. Seorang konsultan pemetaan mengetahui metode yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain bahan tambang, pertanian merupakan sektor perekonomian terbesar Kalimantan Selatan. Produksi padi Kalimantan Selatan terdiri dari padi sawah dan padi ladang. Produksi padi Kalimantan Selatan setiap tahunnya secara rata-rata sudah mencapai 2 juta ton lebih dengan kecenderungan mengalami kenaikan tiap tahunnya. Para petani padi hendaknya dilengkapi dengan sistem yang dapat meningkatkan produksi padi agar memenuhi kebutuhan. Sistem yang dimaksud seperti kemudahan petani untuk mendapatkan lahan yang pas untuk bertani, mengetahui kondisi fase padi secara cepat dari penginderaan jauh untuk meningkatkan ketahanan pangan Kalimantan Selatan, sistem irigasi terpadu agar sawah tidak mengalami kekeringan di musim kemarau dengan membangun bendungan di sungai tertentu, dan banyak hal lain. Kegiatan ini tentu tak lepas dari peran konsultan pemetaan. Setiap agenda pembangunan diperlukan konsultan pemetaan untuk mengetahui kondisi awal suatu lokasi sehingga diketahui bentuknya dengan baik.

Nah itulah ulasan mengenai betapa pentingnya konsultan pemetaan yang telah dirangkum oleh tim Global Eksplorasi Indonesia di Kalimantan Selatan.  Semoga artikel ini dapat membantu Anda sebagai referensi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Masihkah Kalimantan Selatan Memerlukan Konsultan Pemetaan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *