Masihkah Aceh Memerlukan Konsultan Pemetaan?

Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Aceh berbatasan dengan India di sebelah utara, Selat Malaka di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah barat, serta Sumatera Utara di sebelah selatan. Aceh memiliki topografi datar hingga bergunung. Wilayah dengan topografi daerah datar dan landai sekitar 32 persen dari luas wilayah yang terdapat di bagian utara dan timur Aceh, sedangkan berbukit hingga bergunung mencapai sekitar 68% dari luas wilayah yang berada di gugusan pegunungan bukit barisan di tengah Aceh. Kondisi ini membuat Aceh cocok untuk dikembangkan dalam bidang pertanian dan perkebunan. Untuk memilih lokasi yang cocok untuk pertanian dapat dilakukan pemetaan berdasarkan kriteria tertentu sehingga mempermudah masyarakat untuk menemukan lokasi bertani. Pemetaan ini dapat  dilakukan oleh konsultan pemetaan.

Aceh merupakan daerah rawan bencana. Terdapat 640 kejadian bencana, mulai longsor, banjir, badai hingga gempa bumi yang terjadi di Aceh sepanjang Januari hingga Oktober 2019. Bencana likuifaksi juga mengancam Tanah Rencong. Masih terbayang di benak kita bencana tsunami 2004 yang meluluhlantakan Aceh. Aceh adalah daratan yang paling dekat dengan episentrum gempa bumi Samudra Hindia 2004. Setelah gempa, gelombang tsunami menerjang sebagian besar pesisir barat provinsi ini. Sekitar 170.000 orang tewas atau hilang akibat bencana tersebut. Kondisi pasca tsunami tentu sangat memprihatinkan karena merusak banyak infrastruktur. Program revitalisasi Aceh ini telah berlangsung hingga saat ini dan setiap pembangunannya membutuhkan peran konsultan pemetaan. Selain itu untuk bencana yang lain seperti banjir, longsor, perlu dilakukan pemetaan daerah rawan bencana sekaligus melakukan kajian risiko bencananya. Hal ini digunakan untuk pertimbangan dalam perencanaan pengembangan daerah agar menghindari daerah rawan bencana maupun menerapkan strategi pengurangan risiko bencana. Pemetaan daerah rawan bencana ini dapat dilakukan pula oleh konsultan pengalaman yang berpengalaman.

Tim Global Eksplorasi Indonesia telah bergerak di bidang konsultan pemetaan selama sembilan tahun. Klien kami datang dari berbagai latar belakang seperti perusahaan swasta, BUMN, hingga institut pendidikan. Kami  merupakan kumpulan dari alumni kampus institut ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kami memiliki sumber daya manusia terpilih dan ahli di bidang pemetaan serta peralatan yang mutakhir menjadikan hasil yang didapatkan dapat dipertanggungjawabkan.

Masihkah Aceh Memerlukan Konsultan Pemetaan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *