Pemetaan Geospasial

Apa itu Geospasial?

Layanan Pemetaan Geospasial atau jasa pemetaan tanah geospasial

Pemetaan Geospasial – Data geospasial, informasi geospasial, Badan Informasi Geospasial. Geospasial merupakan istilah yang tak asing namun banyak yang belum memahaminya. Teknologi yang berkembang pesat saat ini meningkatkan peran geospasial dalam kehidupan. Secara sadar ataupun tidak sebenarnya kita telah menggunakan data dan informasi geospasial dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika kita akan pergi ke satu tempat kemudian kita membuka google maps untuk mengetahui letak tempat tersebut, atau ketika ada teman yang akan berkunjung ke rumah kemudian meminta share location untuk tahu dimana lokasi rumah kita, atau ketika kita memesan makanan secara online, semua hal itu memerlukan geospasial di dalamnya.

Geospasial adalah aspek keruangan yang menunjukan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian di muka bumi. Geospasial terdiri dari data, informasi dan teknologi. Teknologi geospasial terdiri dari alat dan metode.

Data geospasial adalah representasi dari suatu fakta yang ada di lapangan yang diperoleh dengan cara pengukuran/pengamtan/perekaman dengan suatu alat ukur baik manual atau digital. Ada dua jenis data yang perlu diperhatikan dalam pemetaan yaitu data geospasial (data keruangan) dan data non geospasial (data atribut). Data geospasial contohnya jarak, sudut, azimut, elevasi, panjang, lebar. Data non geospasial contohnya nama objek bangunan, alamat, harga tanah, harga bangunan. Data geospasial dan non geospasial saling terkait untuk menghasilkan informasi.

Data yang diperoleh dari hasil pengukuran kemudian diolah dan dianalisis sehingga menghasilkan sesuatu yang bermakna yang diperlukan untuk satu kebutuhan tertentu, itulah yang disebut informasi. Informasi ada yang bersifat spasial dan non spasial. Informasi spasial contohnya lokasi/posisi, koordinat, luas tanah, volume galian.  Informasi non spasial contohnya harga tanah/m2, nilai pajak tanah dan bangunan, kepadatan penduduk/km2.

PT. Global Eksplorasi Indonesia Menyediakan Jasa Pemetaan GeoSpasial

Untuk memperoleh informasi yang bermakna dan benar maka ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, data yang diolah harus benar, agar diperoleh data yang benar maka orang yang mengukur harus tahu cara pengukurannya dan alat yang digunakan benar. Kedua, data harus dianalisis dengan tepat dan benar, misalnya untuk memperoleh informasi luasan maka data yang digunakan adalah panjang dan lebar, kemdian untuk menghasilkan nilai luasan panjang dikalikan dengan lebar.

Teknologi geospasial yaitu bebagai alat modern yang berkontribusi dalam pengukuran, pemetaan dan analisis geografis. Teknologi geospasial kini telah berkembang dengan sangat pesat, dahulu pengukuran jarak dan sudut masih menggunakan cara manual namun sekarang sudah dengan cara digital sehingga sangat memudahkan pekerjaan pengukuran. Berbagai macam wahana pengukuran juga sudah bermunculan, tak hanya pengukuran di permukaan bumi kini pengukuran dapat menggunakan foto udara dan satelit navigasi yang dapat mencakup area yang cukup luas dengan waktu yang relatif singkat.

Ada banyak tantangan kedepan dalam pemanfaatan data, informasi, dan teknologi geospasial. Tantangan utama yaitu pada sumber daya manusia dan teknologi, bagaimana kesiapan SDM untuk mengelola data dan informasi geospasial yang ada serta memanfaatkan teknologi yang tersedia. Dan tentunya bagaimana SDM yang ada dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat bersaing di kancah global.    

Pemetaan Geospasial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *