Jasa Konsultan Pemetaan di Yogyakarta

Jasa Konsultan Pemetaan di Yogyakarta – Yogyakarta memiliki bentuk topografi yang beragam. Variasi topografi yang beragam ini membuat Yogyakarta terbilang unik. Ketinggian datarannya mulai dari 0 meter yang berada di Satuan Dataran Rendah antara Pegunungan Selatan dan Pegunungan Kulonprogo hingga 2.930 meter yang berada pada puncak Gunung Merapi. Pada ketinggian sedang terdapat Satuan Pegunungan Selatan (Dataran Tinggi Karst) dengan ketinggian tempat berkisar antara 150 – 700 meter.

Setiap kabupaten/kota mempunyai kondisi fisik yang berbeda sehingga potensi alam yang tersedia juga tidak sama. Perbedaan kondisi fisik ini ikut menentukan dalam rencana pengembangan daerah. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan pentingnya pemetaan kota Yogyakarta secara berkala sehingga butuh jasa konsultan pemetaan.

Pentingnya Konsultan Pemetaan untuk Perkembangan Pariwisata di Yogyakarta

Pariwisata di Yogyakarta selalu meningkat tiap tahunnya. Banyak alasan yang menjadikan Yogyakarta sebagai tempat wisata favorit, antara lain: biaya yang murah, transportasi mudah, kuliner yang enak dan murah, banyak wisata pantai dan pegunungan, serta wisata budaya dan sejarah. Dengan banyaknya spot wisata menarik di Yogyakarta membuat banyaknya infrastruktur yang mesti dibangun untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu juga diperlukan layanan-layanan yang mampu mempermudah wisatawan untuk menghabiskan liburannnya. Pembangunan infrastuktur dan analisis spasial untuk layanan wisatawan tidak lepas dari peran konsultan pemetaan.

Yogyakarta juga merupakan Kawasan yang rawan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyebut ada 12 potensi risiko bencana di wilayah ini. Namun bencana yang paling sering adalah bencana tanah longsor, banjir, angin kencang, gelombang tinggi dan kekeringan.  Selain itu terdapat 64 kecamatan yang rawan gerakan tanah. Adanya Sesar Opak juga menyebabkan Yogyakarta rawan akan gempa bumi. Dengan banyaknya bencana yang terjadi, kondisi topografi Yogyakarta tentu banyak mengalami perubahan. Jasa konsultan pemetaan di Yogyakarta sangat diperlukan untuk memetakan daerah bencana sebelum melakukan pemetaan konstruksi.

Kegiatan pemetaan dan analisis spasial dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan yang berpengalaman seperti Global Eksplorasi Indonesia yang telah berkecimpung dalam dunia survey dan pemetaan selama sembilan tahun. Projek yang pernah dilakukan dapat dilihat di Portfolio. Tim kami merupakan perkumpulan alumni dari ITS Surabaya. Oleh karena itu tim kami merupakan orang yang ahli di bidangnya sehingga dalam melakukan pekerjaan akan didapatkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

Cek artikel kami sebelumnya mengenai jasa konsultan pemetaan di Kalimantan Selatan

Share this:

Jasa Konsultan Pemetaan di Yogyakarta

Satu tanggapan pada “Jasa Konsultan Pemetaan di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *