Jasa Konsultan Pemetaan di Sumatera Barat

Jasa Konsultan Pemetaan di Sumatera Barat – Apakah yang terlintas di benak kalian saat mendengarkan provinsi ini? Mungkin Sebagian besar dari kalian akan teringat dengan Nasi Padang yang sangat lezat. Banyak sekali potensi yang dimiliki Sumatera Barat selain Nasi Padang yang tentu membutuhkan jasa konsultan pemetaan. Simak ulasan yang dibuat oleh tim Global Eksplorasi Indonesia.

Sumatera Barat merupakan memiliki topografi mulai dari dataran rendah pada daerah pesisir pantai dan berbukit-bukit pada gugusan pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian permukaan tanah mulai dari 2 m s/d 2.330 m dari permukaan laut. Sumatera Barat juga terkenal akan seringnya terjadi bencana gempa. Contohnya adalah gempa Padang pada tahun 2009 lalu. Gempa tersebut mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian yang parah.

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Sumatera Barat mengeluarkan peraturan daerah yang mengatur tentang proses pemanfaatan kawasan di Sumatera Barat. Pemanfaatan ruang di Sumatera Barat dibagi dalam beberapa zona, yaitu zona merah, zona kuning, dan zona hijau. Pembagian zona ini bertujuan untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari bencana alam yang terjadi. Zona merah adalah zona yang harus dihindari untuk pengembangan kawasan. Karena zona ini mejadi kawasan paling utama terkena dampak. Sedangkan, zona hijau merupakan zona yang sangat dianjurkan dalam pengembangan berbagai fungsi kawasan baik itu untuk permukiman, bisnis, dan lainnya.

Oleh karena itu, masyarakat Sumatera Barat lebih banyak tinggal pada zona hijau karena lebih aman dari potensi bencana.Pertumbuhan ekonomi juga sangat baik di zona hijau. Zona hijau merupakan zona dengan pola permukiman yang sangat padat. Kepadatan permukiman di zona hijau tersebut terjadi karena ketersediaan fasilitas-fasilitas pendukung kehidupan masyarakat. Hal inilah yang membuat masyarakat lebih cenderung mendekati zona hijau.

Pemetaan Topografi di Sumatera Barat

Saat Kawasan menjadi sangat padat, diperlukan adanya pemetaan topografi dalam skala yang lebih besar yaitu 1:1000. Pemetaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang teliti bagi daerah yang akan dikembangkan. Pemetaan ini dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan dengan menggunakan theodolite, total station, GPS, LiDAR, TLS, dan lain sebagainya.

Penawaran bisnis to bisnis (B2B) apabila ingin menggunakan jasa kami dalam Pemetaan Darat, Udara dan Perairan. Dapat menghubungi kami (WhatsApp 6282333305403 a.n Rizky Priambodo) Global Eksplorasi Indonesia. Anda dapat memberikan proposal penawaran kepada stakeholder yang bersangkutan sesuai kebutuhan.

Selain itu kami juga membuat ulasan tentang jasa konsultan pemetaan d Sumatera Utara.

Share this:

Jasa Konsultan Pemetaan di Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *