Konsultan Pemetaan Bendungan

Pemetaan bendungan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi bendungan, bangunan pelengkap, serta kondisi sekitar bendungan. Pemetaan bendungan memiliki banyak fungsi. Selain dilakukan pada saat sebelum membangun bendungan, pemetaan juga bisa dilakukan untuk monitoring kesehatan bendungan dan rencana tindak darurat (RTD) bendungan.

Pemetaan pada perencanaan bendungan meliputi pemetaan topografi kondisi lokasi rencana dan pengukuran profil memanjang dan melintang. Pemetaan saat pembuatan RTD meliputi pengukuran dasar bendungan untuk mengetahui kondisi dasar bendungan menggunakan single beam ataupun multibeam echosounder. Pada pembuatan RTD juga dilakukan simulasi jika bendungan runtuh, daerah mana saja yang akan terdampak banjir. Daerah yang terdampak tersebut akan dilakukan pengukuran topografi, profil memanjang melintang serta pemasangan patok-patok penanda banjir.

Pemetaan bendungan dapat dilakukan dengan berbagai metode sesuai kebutuhan. Dapat dilakukan dengan metode terestris atau mengukur langsung di lapangan, metode fotogrametri menggunakan drone, hingga menggunakan LiDAR (light detection and ranging). Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode terestris memiliki tingkat akurasi yang tinggi namun memerlukan banyak tenaga surveyor. Metode fotogrametri tidak cocok untuk ketelitian sub millimeter, sedangkan LiDAR sangat teliti namun harganya juga mahal. Konsultan pemetaan harus mampu memilih metode yang tepat agar sesuai kebutuhan.

Pemetaan bendungan ini merupakan pemetaan tingkat tinggi sehingga hanya konsultan pemetaan yang berpengalaman yang mampu melakukannya. Ketelitian dan ketepatan sangat diperlukan dalam pemetaan bendungan ini. Peralatan yang digunakan juga harus sesuai kebutuhan. Seorang konsultan pemetaan harus mengerti kebutuhan dan output setiap pemetaan sehingga mampu menentukan jumlah sumber daya manusia, peralatan yang dibutuhkan, hingga waktu yang diperlukan untuk survey karena hal tersebut akan mempengaruhi budget.

Global Eksplorasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan pemetaan. Tim kami telah berpengalaman selama 9 tahun dalam menangani projek-projek pemetaan terkait jalan, bendungan, irigasi, dan lain sebagainya. Project-project tersebut dapat dilihat dalam portfolio. Tim Global Eksplorasi Indonesia merupakan perkumpulan alumni dari kampus ITS Surabaya. Tim kami memiliki sumber daya manusia yang ahli dibidangnya serta peralatan survey yang mutakhir sehingga  hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

Konsultan Pemetaan Bendungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *