Kalimantan Barat Masih Memerlukan Banyak Konsultan Pemetaan

Kalimantan Barat terletak di bagian barat pulau Kalimantan yang tepat dilalui oleh garis Khatulistiwa (garis lintang 0˚) tepatnya di atas Kota Pontianak. Karena pengaruh letak ini pula, maka Kalimantan Barat adalah salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi. Hal ini membuat Kalimantan Barat sering terjadi hujan yang berakibat seringnya terjadi banjir. Banjir yang terjadi di Kalimantan Barat dapat bertahan hingga berhari-hari. Banjir tersebut menyebabkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Perlu adanya strategi untuk mengurangi dampak akibat banjir. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemetaan daerah rawan banjir. Setelah mengetahui daerahnya, perlu dilakukan simulasi banjir akibat luapan sungai maupun hujan deras. Simulasi ini dilakukan untuk mengetahui kecepatan aliran banjir, kedalaman banjir, serta arah aliran banjir. Dengan melakukan simulasi ini akan didapatkan daerah yang terdampak banjir. Dengan mengetahui daerah terdampak tersebut, dapat dilakukan upaya mitigasi untuk mengurangi dampak akibat banjir. Hal ini dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan yang berpengalaman.

Sebagian besar luas tanah di Kalimantan Barat adalah hutan dan padang/semak belukar/alang-alang. Dari 14,68 ribu ha luas Kalimantan Barat, areal untuk pemukiman hanya berkisar 0,83 persen. Banyaknya area hutan ini menyebabkan Kalimantan Barat juga sering terjadi kebakaran hutan dan lahan. Area-area hutan dibakar secara sengaja maupun tidak sengaja untuk alih fungsi lahan terutama untuk lahan kelapa sawit. Hendaknya dilakukan perencanaan tata guna lahan agar didapatkan fungsi lahan yang maksimal dengan sedikit dampak. Perencanaan dapat dilakukan dengan melakukan pemetaan skala besar pada Kalimantan Barat. Pemetaan ini dapat dilakukan dengan menggunakan drone maupun citra satelit resolusi tinggi. Pemetaan juga bisa dilakukan dengan LiDAR untuk mendapatkan informasi elevasi. Penggunaan metode ini berpengaruh dalam hasil yang diharapkan. Seorang konsultan pemetaan mampu menentukan jumlah orang yang dibutuhkan, metode yang tepat, serta waktu yang dibutuhkan dalam melakukan suatu pemetaan.

Tim Global Eksplorasi Indonesia telah bergerak di bidang konsultan pemetaan selama sembilan tahun. Lamanya pengalaman dan banyaknya proyek yang telah kami garap menjadikan kami konsultan pemetaan yang ahli. Klien kami dating dari berbagai latar belakang seperti perusahaan swasta, BUMN, hingga institut pendidikan. Kami  merupakan kumpulan dari alumni kampus institut ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kami memiliki sumber daya manusia terpilih dan ahli di bidang pemetaan serta peralatan yang mutakhir menjadikan hasil yang didapatkan dapat dipertanggungjawabkan.

Kalimantan Barat Masih Memerlukan Banyak Konsultan Pemetaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *