Pemetaan Lahan Untuk Keperluan Infrastruktur

jasa pemetaan Tanah laut dan udara

Pemetaan lahan – biasanya digunakan untuk mengetahui kondisi detail suatu lokasi. Hasil dari pemetaan lahan adalah peta detail situasi yang meliputi objek-objek yang ada diatas tanah beserta konturnya. Pemetaan lahan ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam setiap agenda pembangunan. Dalam pembangunan gedung perlu dilakukan survey pendahuluan dan pemasangan batas-batas bangunan dengan cara stacking out. Pemetaan lahan juga dapat digunakan untuk mengetahui kontur dan volume pengurukan suatu lahan ketika akan dibangun.

Pemetaan lahan ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah saat hendak melakukan pembangunan saluran irigasi atau drainase. Proyek pembangunan drainase membutuhkan informasi lokasi yang sangat detail dan akurat terutama tentang beda tinggi karena mempengaruhi jalannya air di dalam saluran nantinya. Jika informasi beda tinggi yang diterima tidak akurat akan menyebabkan air mengalir ke arah yang salah atau akan menggenang di suatu daerah sehingga menyebabkan banjir. Banjir yang terjadi akan merusak tatanan lingkungan. Pemetaan lahan juga bisa digunakan saat akan membangun perumahan. Pihak pengembang harus memiliki informasi yang rinci terkait kondisi lokasi. Informasi yang diperlukan seperti luas tanah dan beda tinggi menjadi penting dalam perencanaan pembangunan perumahan. Setelah mengetahui kondisi lokasi, pihak pengembang akan menentukan lokasi yang cocok untuk dijadikan rumah dengan berbagai tipe atau fasilitas umum.

Pekerjaan pemetaan lahan yang akurat tentu membutuhkan pengetahuan, peralatan, dan sumber daya manusia yang memadai pula. Sumber daya manusia haruslah seorang yang paham terkait pengoperasiann alat-alat survey serta sumber-sumber kesalahannya. Contohnya adalah minimalisir mengukur GPS pada siang hari pukul 11.00-14.00 karena aktivitas ionosfer sedang tinggi sehingga dapat mempengaruhi perhitungan jarak tempuh gelombang. Kemudian cara meminimalisir kesalahan nol rambu saat melakukan survey beda tinggi dengan cara melakukan peralihan rambu secara leapfrog atau lompat kodok. Hal-hal seperti ini harus dipahami oleh seorang surveyor pemetaan. Penggunaan peralatan yang tepat seperti theodolit, total station, waterpass, laser scanner, LiDAR, dan sebagainya juga harus dipilih sesuai kebutuhan surveynya sehingga seorang konsultan pemetaan harus memiliki pengetahuan tentang alat-alat survey.

Kami menawarkan bisnis to bisnis (B2B) apabila ingin menggunakan jasa kami silahkan hubungi kami (WhatsApp 6282333305403 a.n Rizky Priambodo) . agar Tim Global Eksplorasi Indonesia dapat memberikan proposal penawaran kepada stakeholder yang bersangkutan sesuai kebutuhan.

Tim kami bernama Global Eksplorasi Indonesia sudah berpengalaman selama 9 tahun dalam melakukan kegiatan survey dan pemetaan. Hasil kerja kami dapat dilihat di bagian Portofolio. Kami merupakan alumni dari salah satu kampus negeri ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Kami memiliki sumber daya yang cakap serta professional. Kami menggunakan peralatan dan teknologi yang mutakhir dalam survei dan pemetaan demi hasil yang presisi dan berkualitas. Pengguna jasa kami meliputi orang dari berbagai latar belakang yaitu perusahaan swasta, BUMN, hingga pemerintah.

Pemetaan Lahan Untuk Keperluan Infrastruktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *