Jasa Konsultan Pemetaan di Sumatera Utara

Jasa Konsultan Pemetaan – Sebagian besar dari kalian pasti teringat akan Danau Toba dan Pulau Samosir jika mendengar provinsi ini. Danau tersebut telah menjadi objek wisata yang populer di Sumatera Utara. Namun tidak hanya itu saja. Banyak potensi dan permasalahan di Sumatera Utara yang membutuhkan peran konsultan pemetaan didalamnya. Berikut adalah ulasan dari Tim Global Eksplorasi Indonesia.

Sumatera Utara merupakan provinsi yang rawan akan bencana hidrometeorologi yaitu banjir. Pada bulan April 2020 banyak terjadi peristiwa banjir bandang yang merendam 3 kecamatan di Kabupaten Asahan, banjir bandang karena Sungai Simeme Sibiru-biru meluap di Kecamatan Biru-Biru mengakibatkan satu warga tewas. Kemudian, banjir yang diikuti longsor di Kecamatan Kotanopan dan Kecamatan Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal. Untuk mengatasi permasalahan banjir terutama di Kabupaten Asahan dan Mandailing Natal, perlu adanya pemodelan banjir yang telah terjadi sehingga dapat dibuat prediksi banjir yang akan datang. Dengan mengetahui prediksi banjir yang akan datang maka akan dapat dilakukan upaya pencegahan. Memodelkan banjir dimulai dengan melakukan pemetaan tutupan lahan secara teliti, pengukuran kedalaman sungai di daerah tersebut, mengukur bendungan (jika ada), dsb. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya memerlukan jasa konsultan pemetaan.

Potensi Pertanian di Sumatera Utara

Sumatera Utara tercatat mengalami kenaikan sebesar 25 persen untuk periode 2018-2019 dalam bidang pertanian. Kenaikan terjadi karena Sumatera Utara memiliki tanah yang subur dan mampu menghasilkan sejumlah komoditas unggul siap ekspor. Adapun komoditas yang diekspor terdiri dari ampas sawit, cengkeh, karet lembaran lempengan, kayu karet, kulit kayu manis, kelapa parut, kemiri, lidi, minyak sawit, dll. Kegiatan pertanian ini dalam monitoringnya perlu dilakukan secara berkala untuk memeriksa Kesehatan tanamannya. Monitoring ini dapat dilakukan dengan menggunakan citra satelit yang nantinya akan dihitung nilai indeks vegetasinya. Indeks vegetasi yang biasa digunakan adalah NDVI (Normalized Different Vegetation Index). Kegiatan ini dilakukan oleh konsultan pemetaan yang ahli dalam pengolahan citra digital.

Begitulah ulasan mengenai potensi di Sumatera Utara oleh tim Global Eksplorasi Indonesia. Tim kami telah bergerak dalam bidang jasa konsultan pemetaan selama sembilan tahun. Banyaknya pengalaman yang kami kerjakan membuat kami memiliki banyak klien mulai dari swasta, BUMN, hingga instansi pemerintah. Untuk Riwayat projek yang pernah kami lakukan dapat dilihat pada bagian portofolio.

Penawaran bisnis to bisnis (B2B) apabila ingin menggunakan jasa kami dalam Pemetaan Darat, Udara dan Perairan. Dapat menghubungi kami (WhatsApp 6282333305403 a.n Rizky Priambodo) . agar Global Eksplorasi Indonesia dapat memberikan proposal penawaran kepada stakeholder yang bersangkutan sesuai kebutuhan.

Sebelumnya kami juga membuat ulasan terkait jasa konsultan pemetaan di Aceh.

Share this:

Jasa Konsultan Pemetaan di Sumatera Utara

2 tanggapan pada “Jasa Konsultan Pemetaan di Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *