Berbagi Pengalaman Pentingnya Konsultan Pemetaan di Sumatera Selatan

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar Sumatera Selatan? Pasti kebanyakan kalian akan teringat tentang Pempek. Makanan ini memang asli dari Palembang, Sumatera Selatan. Selain Pempek, banyak juga point of interest dari Sumatera Selatan yang menarik dan tentu membutuhkan konsultan pemetaan dalam pembangunan maupun monitoringnya. Berikut adalah ulasan dari tim Global Eksplorasi Indonesia tentang potensi survey di Sulawesi Selatan.

Sumatra Selatan adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatra. Sumatera Selatan kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Di Sumatera Selatan terdapat banyak point of interest salah satunya adalah Jembatan Ampera. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan selesai 1965. Dalam setiap pembangunan pembangunan tentu diperlukan konsultan pemetaan dalam penentuan lokasi tiang pancang. Selain itu dalam kegiatan monitoring jembatan dibutuhkan pengukuran deformasi agar diketahui berapa penurunan jembatan. Pengukuran deformasi jembatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan GPS. Pengukuran GPS dilakukan secara time series atau beberapa kali sehingga akan diketahui perbedaan posisi jembatannya. Pengoperasian dan pengolahan GPS untuk deformasi dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan yang berpengalaman.

Sumatra Selatan juga tercatat memiliki potensi pertambangan emas yang cukup tinggi terutama di wilayah Bukit Barisan, Kota Lahat. Namun potensi emas tersebut belum tergali secara maksimal karena pertambangan di Sumatera Selatan masih fokus pada mineral dan batubara (minerba). Luasan kapasitas produksi pertambangan emas di Sumatera Selatan baru dimanfaatkan sekitar 20% dari total luas lahan mencapai 20.000 ha – 30.000 ha. Potensi ini seharusnya dapat digali dengan maksimal dengan menemukan lokasi potensi emasnya. Selain itu, dalam pertambangan emas perlu dilakukan perhitungan volume timbunan dan galian. Identifikasi potensi emas dan perhitungan volume galian dengan menggunakan peralatan seperti total station, waterpass, dan LiDAR dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan.

Itulah beberapa potensi survey yang dapat dilakukan di Sumatera Selatan. Tim Global Eksplorasi Indonesia telah banyak melakukan survey di Sumatera Selatan yang dapat dilihat di Portfolio. Tim kami memiliki tenaga kerja yang ahli karena merupakan perkumpulan dari lulusan Kampus ITS Surabaya. Selain itu kami menggunakan peralatan yang mutakhir sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Berbagi Pengalaman Pentingnya Konsultan Pemetaan di Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *